Tips Memilih Besi Beton di Toko Bangunan Terdekat

Besi beton adalah salah satu jenis bahan bangunan yang utama dalam membuat suatu bangunan. Selain itu, terutama jenis bangunan dengan tegangan tinggi seperti halnya gedung bertingkat, jembatan, irigasi, dan juga drainase jalan. Sebagai bahan utama, tentunya kebutuhan beton merupakan hal yang tidak bisa ditoleransi karena membutuhkan tingkat ketahanan yang tinggi. Hal ini juga bisa Anda dapatkan dengan menggunakan bahan berkualitas. Selain itu, diperlukan ketelitian dalam memilih besi. Hal ini karena pada dasarnya antara besi beton yang satu dengan besi beton lainnya. Hal ini juga tentunya akan menentukan kualitas dari besi tersebut. Berikut adalah tips-tips dalam memilih besi beton di toko bangunan terdekat.

Pemilihan Merek

Salah satu hal yang perlu Anda lakukan agar mendapatkan jenis besi beton terbaik sebeanrnya dapat Anda pastikan melalui merek yang dimilikinya. Untuk melihat merek tersebut, Anda dapat melihat bagian permukaan dari besi tersebut. Biasanya, permukaan beton akan memuat merek besi yang dibuat dengan cara diukir di permukaannya.

Sebagai contoh, dapat dilihat dari merek beton Krakatau Steel, kemudian Cakratunggal Steel, atau bahkan Master Steel. Ketiga jenis merek tersebut termasuk dalam kategori dari merek beton yang dikatakan terbaik. Sudah banyak bangunan-bangunan yang menggunakan merek tersebut. Selain itu, ketiga merek ini juga termasuk dalam karakteristik besi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Jenis Beton

Selain merek, hal kedua yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan jenis beton yang akan Anda beli. Umum diketahui bahwa ada dua bentuk jenis dari besi beton yang seringkali digunakan, diantaranya adalah jenis beton ulir serta beton polos.

Besi beton ulir memiliki bentuk seperti sirip yang memanjang di seluruh permukaan besi. Untuk beton ulir ini sendiri, karakteristiknya adalah ia sulit dibentuk, contohnya adalah ketika Anda hendak membengkokkannya. Sementara besi beton polos tidak memiliki ulir apapun dan cenderung mudah dibentuk.

Hal ini akan berkaitan erat dengan kebutuhan Anda sendiri. Dari hal tersebut, Anda tentunya dapat melihat jenis beton mana yang Anda sebenarnya butuhkan.

Segi Harga

Sebenarnya, harga bukanlah hal yang mutlak di sini. Proses produksi besi dan juga proses pengirimannya kemungkinan akan memakan biaya yang berbeda. Jadi, bisa saja besi yang mahal sebenarnya hanyalah besi berkualitas jelek yang diproduksi dengan tidak efisien  dan dikirim menggunakan jasa pengiriman yang mahal. Jadi, jangan perhatikan harga dalam memilih besi.

Ukuran

Ada rasio tertentu yang harus Anda perhatikan terkait dengan diameter besi beton yang akan Anda beli dan juga panjangnya. Misalkan jika besi yang ingin Anda beli itu memiliki diameter 10mm, maka panjang ideal yang harus dimilikinya adalah 10m. Sementara itu, untuk jenis besi dengan ukuran yang tidak sesuai misalkan diameternya 8,5 sementara panjangnya 9m, maka besar kemungkinan  jika beton yang tersebut sudah mengalami beberapa tahap perubahan atau deformasi. Hingga ia sudah tidak sesuai kembali dengan standar SNI yang diberlakukan untuknya.

Jika Anda memperhatikan dengan baik tips-tips memilih besi di toko bangunan terdekat, maka Anda akan mendapatkan besi berkualitas yang akan meningkatkan ketahanan rumah dan bangunan Anda. Selain itu, besi yang berkualitas juga akan membuat proses pembangunan Anda menjadi lebih efisien dikarenakan minimnya keperluan lain yang mendukung kekuatan bangunan. Jadi, jangan asal pilih besi, pilihlah besi yang sesuai dengan kebutuhan dengan kualitas terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *