Kenali Jenis-Jenis Besi Beton yang Asli dan Berkualitas Tinggi

Dari bermacam jenis besi, bisa dibilang besi beton menjadi salah satu besi yang berperan penting dalam proyek pembangunan. Sifatnya yang kuat dan dapat menahan beban menjadikan beton sering digunakan untuk pembangunan gedung-gedung bertingkat. Tak hanya itu, beton atau yang juga dikenal dengan besi ton memiliki berbagai jenis dan ukuran, sehingga bisa disesuaikan untuk segala jenis konstruksi. Berikut dua jenis besi ton yang perlu diketahui.

Besi Ton Polos

Sesuai dengan namanya, besi ton polos memiliki bentuk yang polos, licin, dan mulus. Pada beton polos, tidak boleh terdapat lubang sirip atau yang sering disebut sebagai cacat kuping. Pada umumnya, beton cacat ini merupakan beton reject yang mengalami gagal produksi saat peleburan atau pencetakan. Beberapa beton reject terkadang ada yang didaur ulang kembali dengan penambahan lapisan atau volume. Namun, biasanya beton yang didaur ulang akan mengalami cacat kuping. Pasalnya, pembuatan beton tidak boleh ditambal melainkan harus mengalami proses peleburan dan pencetakan dari awal.

Besi Ton Ulir

Jenis yang kedua merupakan besi ton ulir, yaitu beton yang terdapat sirip. Ukuran sirip pada beton ulir yang baik haruslah teratur dan sama. Jika ada rusuk, panjangnya harus sejajar dan sama di kedua sisi. Sirip melintang pada beton ulir paling tidak harus memiliki sudut 45 derajat.

Jika dibandingkan dari kedua jenis beton tersebut, beton ulir umumnya lebih kuat dari beton polos. Hal ini karena beton ulir mempunyai ketahanan tekan sekitar 400 Mpa untuk minimumnya. Sedangkan, beton polos hanya memiliki 240 Mpa. Itulah mengapa beton ulir umumnya dijual lebih tinggi dibandingkan dengan beton polos biasa.

Namun, kebanyakan konstruksi umumnya lebih suka dengan penggunaan beton polos. Selain lebih murah, beton polos juga memiliki teknik pemasangan yang lebih mudah. Beton ulir biasanya akan lebih sulit dipasang, dipotong, dan dibengkokkan. Itulah mengapa beton ukir lebih direkomendasikan untuk tulangan memanjang atau longitudinal.

Tips Membeli Besi Ton Tanpa Cacat

Melihat pentingnya beton dalam konstruksi bangunan, sangat penting bagi kita untuk memastikan bahwa beton tidak cacat sebelum membeli. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan guna menghindari pembelian beton yang palsu atau cacat, berikut tipsnya.

1.  Pilih Merek Berkualitas

Memilih beton berdasarkan merek ternyata juga tidak ada salahnya. Merek beton yang paling terkenal akan kualitas bagusnya adalah Krakatau Steel, Master Steel, dan Cakratunggal Steel. Ketiganya sering sekali digunakan dalam proyek pembangunan di Indonesia. Merek beton biasanya dapat dilihat pada permukaan beton.

2.  Harga Pasaran

Sebelum membeli beton, sebaiknya carilah dulu berapa harga pasaran beton di Indonesia. Jika beton yang dijual jauh lebih rendah dari harga pasaran, Anda harus waspada. Bisa saja beton tersebut palsu atau cacat. Namun, pada dasarnya kita tentu ingin membeli beton yang ekonomis. Di Indonesia, Harga besi ton di Palembang bisa dibilang cukup terjangkau dibandingkan dengan beberapa daerah lainnya.

3.  Dimensi

Dimensi juga menjadi poin terpenting yang harus dicek. Pastikan beton yang dibeli memiliki dimensi sesuai dengan kaidah SNI. Memang pada umumnya tidak ada beton yang diproduksi 100% sempurna. Pasti ada beberapa kekurangan. Namun, pastikan nilai toleransinya sesuai dengan SNI.

Membeli beton berkualitas memang bisa dibilang sulit. Selama 20 tahun lebih, Toko Besi Awi telah dipercaya sebagai salah satu distributor besi terbaik di Palembang. Toko Besi Awi telah berpartisipasi dalam berbagai proyek pembangunan baik di Palembang maupun daerah lainnya. Harga besi ton di Palembang yang kami tawarkan pun sangat terjangkau. Hal ini karena kami telah bekerja sama langsung dengan para produsen besi berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *