Cermati Kualitas Besi Beton Saat Membeli Secara Grosiran

Membeli bahan bangunan secara grosiran memang sangat menguntungkan. Besi menjadi salah satu material yang sering sekali banyak dipesan di tempat grosir bahan bangunan. Sama seperti bahan bangunan yang lainnya, pembelian besi secara grosir terkadang memang jauh lebih murah. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli besi, khususnya besi beton.

Besi beton merupakan jenis besi yang paling berperan untuk membuat fondasi dan struktur bangunan berdiri kokoh. Tak hanya itu, besi beton juga sering digunakan sebagai material utama bangunan yang memiliki tegangan tinggi seperti drainase, gedung, atau jembatan irigasi. Karena banyak dibutuhkan, para produsen tentu berlomba-lomba memproduksi besi beton yang berkualitas. Namun, karena para konsumen umumnya lebih suka produk dengan harga terjangkau, tak jarang produsen yang memproduksi barang berharga murah dengan kualitas rendah. Supaya tidak terkecoh dengan besi berkualitas rendah, berikut simak hal yang harus dicermati saat memilih besi beton.

Merek Produk

Setiap produk termasuk besi tentu mempunyai merek. Untuk besi beton, Anda bisa melihat merek besi pada permukaannya. Umumnya, merek akan tertera pada permukaan besi. Beberapa merek besi yang terkenal adalah Krakatau Steel atau Cakratunggal Steel. Sebelum membeli beton, ada baiknya Anda pastikan merek yang dibeli telah memenuhi Standar Nasional Indonesia.

Ukuran Besi

Sama seperti jenis besi lainnya, besi beton juga mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Meskipun berbeda-beda, bukan berarti setiap ukuran aman untuk digunakan saat membangun suatu bangunan. Besi juga memiliki standar ukuran yang berlaku. Ukuran biasanya mengacu pada diameter, panjang, dan lebar. Untuk besi beton, jenis besi ini biasanya memiliki ukuran 6 mm hingga 5 mm. Besi yang berkualitas tentu memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran yang tertera pada besi. Jika label besi menunjukan ukuran 12 mm, maka besi harus mempunyai ukuran asli 12 mm. Untung meraup keuntungan lebih, biasanya beberapa produsen mengurangi ukuran besi. Meskipun hanya mengurangi 0.1 atau 0.5 mm saja, ukuran ini tetap akan berpengaruh pada kekuatan struktur bangunan nantinya.

Jenis Besi

Jenis besi beton menjadi hal lain yang harus diperhatikan saat membeli di grosir bahan bangunan. Besi beton umumnya memiliki dua bentuk: polos dan ulir. Besi beton polos biasanya mempunyai permukaan yang polos dan licin. Sedangkan, besi beton ulir terlihat seperti memiliki sirip. Besi beton yang polos biasanya lebih sering digunakan karena sifatnya yang mudah dibentuk. Jadi, pastikan Anda memilih jenis besi sesuai dengan keperluan.

Harga Besi

Harga tentu sudah bukan rahasia lagi untuk menentukan kualitas sebuah produk, termasuk besi. Umumnya, besi yang mahal akan memiliki kualitas yang lebih bagus. Sedangkan besi yang murahan bisa dibilang berkualitas rendah. Biaya besi yang mahal umumnya dikarenakan proses pembuatan besi yang lama dan teliti. Sedangkan, besi dengan kualitas biasa saja umumnya dibuat tanpa proses khusus. Namun, tak selalu besi yang mahal pasti mempunyai kualitas tinggi. Terkadang ada beberapa produsen yang menjual produknya dengan harga mahal meskipun berkualitas rendah. Jadi, cek dahulu bagaimana kondisi fisik besi yang hendak dibeli.

Melihat tips diatas, tentu membeli besi bukanlah hal yang mudah. Banyaknya produsen atau toko yang curang membuat konsumen sulit mendapatkan besi berkualitas. Tak seperti toko lainnya, Toko Besi Awi di Palembang tetap memberikan pelayanan yang terbaik untuk semua konsumen. Besi yang ditawarkan pun beragam dan bervariasi. Apapun jenis dan ukurannya, dapat Anda temukan di Toko Besi Awi. Selain itu, harga yang ditawarkan pun terjangkau layaknya harga besi pada umumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *