Cara Mengecek Kualitas Besi Bangunan yang Bagus

Sebuah bangunan yang kokoh tentu memiliki bahan dasar yang berkualitas pula. Selain semen, pasir, dan kawat baja, ternyata besi bangunan juga memiliki peran yang sangat penting untuk membuat bangun berdiri kokoh. Besi untuk membangun sebuah bangunan terdiri dari berbagai macam jenis seperti besi beton, besi plat, besi kanal, besi siku, dan besi lainnya. Besi ini biasanya digunakan untuk mendirikan bangunan yang memiliki tegangan. Apapun jenis besi yang digunakan, Anda haruslah cermat dalam memilih besi tersebut. Pasalnya, besi merupakan bahan bangunan yang vital sekali. Jika salah dalam memilih, bangunan bisa saja menjadi tidak kuat dan cepat rubuh.

Agar proyek bangunan berjalan lancar, pastikan untuk memilih bahan bangunan yang memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu, ada pentingnya bagi Anda untuk mengecek dahulu besi yang ingin dibeli. Besi yang dijual di toko bangunan pada dasarnya berbeda-beda jenis, merek, dan kualitasnya. Tidak semua toko bangunan menjual besi yang berkualitas. Untuk menghindari membeli besi berkualitas rendah, berikut beberapa cara untuk mengecek apakah besi bangunan memiliki standar kualitas yang baik atau tidak.

Merek

Saat membeli bahan bangunan, hal pertama yang sering sekali dilihat adalah merek dari bahan bangunan tersebut. Bagus atau tidaknya sebuah bahan bangunan memang bisa dilihat dari jenis mereknya. Merek yang terdapat pada besi biasanya terdapat di permukaan besi. Pastikan besi yang ingin dibeli memiliki merek yang telah terpercaya dan memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI). Jika Anda tidak tahu jenis merek besi, coba untuk tanyakan kepada penjaga toko.

Harga

Banyak para penjual bahan bangunan biasanya memberikan harga murah untuk menarik para pelanggan. Namun, harga yang rendah biasanya juga memiliki kualitas yang rendah. Harga memang sering sekali dijadikan patokan untuk standar kualitas dari sebuah barang. Besi yang bagus biasanya akan dijual dengan harga yang lebih tinggi. Namun, bukan berarti besi dengan harga terjangkau merupakan besi yang memiliki kualitas rendah. Beberapa besi berkualitas ada yang dijual dengan harga terjangkau jika Anda membelinya dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, sangat penting untuk membandingkan harga dengan kualitas besi tersebut.

Jenis Besi

Jenis besi juga terkadang menentukan apakah besi tersebut berkualitas atau tidak. Misalnya untuk jenis besi beton, besi beton ulur dan beton polos menjadi jenis besi yang sering digunakan. Jenis besi beton ulir yang berkualitas biasanya terdapat sirip. Sedangkan, besi beton polos pada umumnya polos, licin, dan mudah dibentuk.

Ukuran Besi

Ukuran juga menjadi penilai apakah besi bangunan berkualitas atau tidak. Besi yang bagus biasanya memiliki panjang, lebar, atau diameter yang sesuai. Jika Anda membutuhkan besi dengan diameter 15mm, maka besi tersebut haruslah berdiameter 15mm. Beberapa besi yang telah mengalami tahap perubahan biasanya memiliki ukuran yang berbeda karena memuai ataupun menyusut. Besi yang sudah memuai atau menyusut biasanya sudah tidak bisa dibilang sesuai dengan standar SNI.

Itulah keempat cara untuk mengecek apakah besi bangunan berkualitas dan layak untuk digunakan apa tidak. Jika Anda membutuhkan besi yang berkualitas, Toko Besi Awi menyediakan berbagai varian besi dengan kualitas yang terjamin. Semua jenis besi yang ditawarkan tentu telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), sehingga aman dan baik untuk digunakan. Jadi, bagi Anda yang sedang mencari toko besi di Palembang yang berkualitas, Anda bisa kunjungi Toko Besi Awi di Jalan Cinde Welan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *