Cara Cek Kualitas Besi Untuk Pembangunan Proyek

Setiap bangunan tentu membutuhkan fondasi yang kuat agar tidak cepat rusak. Untuk membuat struktur bangunan yang kuat, kita tentunya memerlukan bahan bangunan yang berkualitas pula. Salah satu material yang terpenting untuk dijadikan rangka bangunan adalah besi. Agar rangka bangunan berdiri kokoh, tentu kita tidak bisa menggunakan sembarangan besi. Diperlukan besi dengan ukuran yang tepat dan kualitas yang baik untuk setiap proyek bangunan. Untuk itu, simaklah beberapa hal berikut ini saat memilih besi untuk proyek.

Pastikan Ukuran Dimensi Besi Sesuai

Besi tentu memiliki bermacam-macam ukuran, mulai dari ukuran terkecil hingga terbesar. Ukuran terkecil biasanya sekitar 6 mm, sedangkan yang terbesar adalah 32 mm. Agar rangka bangunan berdiri kokoh, pastikan besi yang digunakan sesuai dengan desain perencanaan rangka bangunan atau perencanaan tulangan.

Segalanya haruslah membutuhkan perhitungan yang sesuai. Jadi, jika besi yang Anda beli tidak memiliki ukuran real sesuai dengan ukuran pada label, bisa dipastikan itu merupakan besi berkualitas rendah. Bahkan, besi tersebut bisa saja merupakan besi yang telah diolah kembali dari besi yang sudah tidak terpakai atau rusak.

Gunakan Besi Dengan Standar SNI

Setiap produk yang aman untuk digunakan umumnya telah diverifikasi oleh lembaga SNI, termasuk besi. Semua besi yang berkualitas baik tentu memiliki label SNI pada permukaannya. Selain label, besi juga akan memiliki nomor seri SNI, misalnya SNI 19 KS berarti besi telah terdaftar kualitasnya dengan kode 19, sedangkan KS menandakan asal produsen besi.

Hindari Penggunaan Besi Anti Karat

Besi yang sudah karatan tentu sudah tidak aman lagi untuk digunakan. Pasalnya, jika tetap menggunakan besi yang berkarat, umur bangunan bisa diprediksi tidak akan bertahan lama. Besi yang karatan tentu bukan besi yang berkualitas baik. Jadi, pastikan besi bersih dari karat sebelum digunakan. Jika telanjur karatan, bersihkanlah karat dengan sikat besi.

Harga

Harga besi yang mahal biasanya menandakan besi tersebut bagus. Sebaliknya, besi yang murah umumnya memiliki kualitas yang rendah. Namun, hal ini sebenarnya tidak berlaku seutuhnya. Beberapa besi dijual dengan harga murah jika langsung dibeli dari distributor, supplier, atau produsennya langsung. Jika mencari besi dengan harga terjangka, Anda bisa coba mencarinya di daerah Palembang. Harga bahan bangunan di Palembang bisa dibilang terjangkau dan tidak terlalu mahal. Selain itu, kualitasnya pun bisa dibilang terjamin.

Cek Kualitas Baja

Untuk proyek besar, Anda mungkin bisa melibatkan pihak lainnya untuk mengecek kualitas baja di laboratorium. Hal ini memang jarang dilakukan, namun penting dilakukan untuk proyek berskala besar seperti pembuatan jalan tol, jalan laying, drainase jalan, dan lainnya. Meskipun membutuhkan biaya yang cukup besar, setidaknya hal ini bisa mengurangi risiko kecelakaan.

Itulah 5 hal yang harus dicek kembali saat membeli besi. Jika butuh besi berkualitas bagus namun tetap dijual dengan harga terjangkau, cobalah cek harga bahan bangunan di Palembang yang terdapat di Toko Besi Awi. Semua harga bisa dilihat langsung pada website, sehingga memudahkan Anda untuk membandingkan harga besi dengan harga pasaran atau toko lainnya.

Toko Besi Awi selalu memberikan servis terbaik dengan harga yang terjangkau pula untuk para konsumen. Bagi para konsumen di luar kota Palembang, Anda bisa memesan produk melalui laman resmi Toko Besi Awi. Di sana juga disediakan kontak dan alamat resmi sehingga Anda tidak perlu takut tertipu saat bekerja sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *