5 Produk Wajib di Toko Bahan Bangunan

Memilih bahan bangunan memang tak semudah yang dibayangkan. Banyak beberapa hal yang harus diperhatikan seperti merek, kualitas, dimensi, dan lain-lain. Dari berbagai macam bahan bangunan, ada beberapa bahan bangunan yang sangat disarankan untuk memilihnya dengan hati-hati. Pasalnya, jika salah pilih, itu bisa memberikan dampak yang fatal terhadap bangunan. Berikut 5 daftar bahan bangunan yang harus dibeli dengan perhitungan matang.

1. Besi Beton

Berbicara tentang bahan bangunan, Anda tentu sudah tidak asing dengan bahan bangunan yang satu ini. Besi beton memang sering sekali disebut sebagai bahan bangunan yang berperan penting untuk sebuah konstruksi bangunan. Jika salah menggunakan beton, bisa jadi konstruksi bangunan menjadi tidak kokoh atau cepat rusak. Besi beton sendiri sebenarnya memiliki kualitas yang berbeda-beda setiap mereknya.

Kualitas beton biasanya dibuktikan dengan uji lab atau uji tegangan tarik. Caranya, beton ditarik lalu diukur pada tegangan berapa besi akan rapuh. Namun, percobaan ini tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan dengan mesin khusus. Untuk beton yang berkualitas baik, biasanya memiliki kekuatan YS (Yield Strength) paling tidak 44 kg/mm2.

Selain dengan ukuran tersebut, kualitas beton juga bisa dilihat dari jenisnya. Beton memiliki tiga jenis yaitu, beton full, kurus, dan gemuk. Beton berkualitas baik biasanya dibilang beton full, dimana dimensi beton sama dengan yang tertera di label. Sedangkan, beton gemuk biasanya memiliki diameter yang lebih besar, dan besi kurus diameternya umumnya lebih kecil dari panjangnya. Untuk ukuran standard beton, jika panjangnya 10 m biasanya besi harus memiliki ukuran 10 mm.

2. Pasir

Pasir juga menjadi bahan bangunan yang sulit untuk dicek kualitasnya. Pasir yang bagus biasanya harus bersih dari lumpur. Pasalnya, pasir yang banyak lumpur nantinya bisa menghalangi ikatan pasir dan semen. Pasir yang baik biasanya mempunyai kandungan lumpur kurang dari 5%. Selain itu, pasir yang memiliki butiran tajam juga dianggap bagus.

3. Semen

Semen umumnya hampir memiliki kualitas yang sama, sehingga cukup sulit untuk dibedakan. Jadi, sebaiknya gunakanlah semen yang sudah memiliki nama. Biasanya semen dengan merek terkenal sudah memiliki kualitas terjamin.

4. Batu Bata

Bata juga menjadi komponen terpenting dalam proyek pembangunan. Saat memilih bata, sebaiknya gunakan bata merah daripada batako. Umumnya, bata merah jauh lebih kuat karena teksturnya yang lebih padat dan keras. Sedangkan, batako biasanya mempunyai rongga yang lebih longgar. Bata merah ternyata juga tidak menyerap sinar matahari, sehingga bangunan cenderung lebih sejuk.

5. Kayu

Bahan bangunan yang kelima yang harus dipilih dengan hati-hati adalah kayu. Belilah kayu yang kadar airnya dibawah 20%. Kayu dengan kadar air yang tinggi dan masih basah biasanya ukurannya menjadi menyusut. Selain itu, kadar air kayu yang tinggi juga bisa menyebabkan konstruksi bangunan kurang kokoh dan gampang lapuk.

Itulah kelima bahan bangunan yang harus dipilih dengan saksama. Guna menghindari mendapat bahan bangunan yang berkualitas rendah, sebaiknya belilah di toko bahan bangunan yang terpercaya. Palembang menjadi salah satu daerah produsen bahan bangunan berkualitas dengan harga terjangkau. Terdapat banyak supermarket bangunan Palembang yang menyediakan produk bahan bangunan lengkap dan bervariasi.

Bagi Anda yang sedang mencari supermarket bangunan Palembang khusus Besi, Anda bisa kunjungi Toko Besi Awi. Di sana banyak pilihan besi beton dan jenis besi lainnya yang berkualitas. Tak hanya itu, Toko Besi Awi juga menerima pemotongan besi seperti besi plat, besi pipa, dan lainnya. Soal harga, jangan khawatir! Harga besi di sini dapat langsung dilihat dan dicek melalui website resmi Toko Besi Awi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *